Anak Akan Sukses Bila Orangtua Ajarkan Lima Nilai Ini Sejak Dini

Sebagai orangtua, tentu kesuksesan dan kebahagiaan anak-anak adalah tujuan besar yang ingin dicapai ya Bun. Bahkan sejak menjadi orangtua muda, banyak dari kita yang mencari tahu atau meminta saran dalam membesarkan anak. 
Menariknya, berdasarkan kata ahli parenting, kesuksesan anak itu dipengaruhi cara orang tuanya, Bun. Orang tua yang mampu mendidik anak-anaknya dengan baik, akan menghasilkan individu yang baik ketika dewasa.

Tina B. Tessina, Ph.D., seorang psikoterapis dan penulis ‘How to Be a Couple and Still Be Free’ memiliki beberapa ide. Ia sadar, memang tak ada satu ukuran yang cocok untuk semua pertanyaan. Tapi, pasti ada ciri-ciri yang dimiliki orang tua agar anak-anak sukses. Nah, berikut ini adalah ciri orangtua yang mampu membesarkan dan menghasilkan anak-anak yang sukses, Bun.

Serius Dalam Membesarkan Anak

Bun, membesarkan anak tak bisa dilakukan sambil main-main. Sebagai orangtua, kita dituntut serius dan harus memahami si kecil. “Pekerjaan orang tua adalah membesarkan orang dewasa yang sukses,” kata Tina. Ia mengatakan, di setiap tahap terutama nanti di tahun-tahun sekolah menengah, orang tua perlu mengingat anak-anak mereka perlu belajar mandiri, bertanggung jawab, memotivasi diri, dan pandai dalam berhubungan dengan orang lain.

Memberikan Contoh yang Baik pada Anaknya


Contoh baik yang diberikan orangtua bukanlah dengan mengatakan ia harus makan sayur atau buah saja. Atau meminta si anak untuk tak lama-lama berkutat dengan gawai. Bila orangtua enggan memberi contoh, lantas apakah yang menjamin si kecil akan mau menuruti perintah orangtuanya. Bak kata pepatah, anak-anak melakukan apa yang ia lihat.

Karena itu kita sebagai orang tua harus memberi contoh yang baik pada anak-anak. Kalau kita ingin anak tumbuh jadi orang baik dan sukses, maka kita juga harus memberikan contohnya. Yang lebih penting lagi adalah memberi contoh dan pemahaman bahwa hasil akhir bukan yang utama, tapi prosesnya.

Jangan Takut Membuat Kesalahan


Bun, manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Dalam hal ini juga sebagai orangtua yang mengasuh anak-anaknya. Namun tahukah Bunda, salah satu ciri orang tua yang kelak anaknya sukses adalah tidak takut membuat kesalahan. Ketika kita melakukan kesalahan dan anak melihatnya, lalu kemudian memperbaikinya bisa menjadi pelajaran hidup yang baik untuk anak-anak. Untuk itu, saat Bunda merasa melakukan kesalahan, maka langkah selanjutnya adalah perbaiki kesalahan tersebut dan komunikasikan pada ayah.

Mengajarkan Si Kecil Pada Komitmen

Sekalipun ia masih kecil, namun mengajarkan komitmen ke anak-anak itu penting, Bun. Dr Fran Walfish, seorang psikoterapis keluarga dan relasi serta penulis ‘The Self-Aware Parent,’ mengatakan mengajar anak-anak tentang sesuatu berkelanjutan itu sangat-sangat penting. Nah, dalam hal ini komitmen merupakan salah satu prinsip hidup yang perlu dimiliki si kecil agar ia kelak dapat menghargai setiap komitmen yang sudah dibuatnya.

Mengajari Si Kecil tentang Cara Menghargai Uang

Bun, memberi reward pada anak-anak tak melulu dengan memberikan hadiah secara langsung. Ada kalanya kita pun perlu menahan diri untuk tidak mudah memberikan hadiah pada anak. Yuk, ajarkan pada anak untuk bekerja dan menabung lebih dulu sebelum mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Fran menuturkan mendidik anak-anak tentang uang juga sangat penting.

“Beberapa orang tua dari anak-anak yang sukses berasal dari keluarga yang sederhana sampai yang miskin. Mereka tahu bagaimana rasanya tidak bisa melakukannya atau menginginkan sesuatu yang tidak dapat dibeli,” paparnya. Hal-hal yang seperti ini membuat anak-anak jadi belajar untuk bekerja dan menghargai uang lho Bun.

Belum ada Komentar untuk "Anak Akan Sukses Bila Orangtua Ajarkan Lima Nilai Ini Sejak Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel